MELANGKAH MENUJU PERTANIAN SEHAT DAN BERKELANJUTAN: PENYULUHAN PENGENDALIAN HAMA TERPADU (PHT) WERENG DAN PEMBUATAN PESTISIDA ORGANIK DARI EKSTRAK BAWANG PUTIH OLEH MAHASISWA KKN TIM II UNDIP

  • Aug 12, 2023
  • Desa Sidayu

Desa Sidayu, Kec. Bandar, Kab. Batang (31/7/2023) – Mahasiswa KKN Tim II UNDIP dari Program Studi Agribisnis, Sheintya, telah melakukan program kerja "Penyuluhan Pengendalian Hama Terpadu Wereng dan Pembuatan Pestisida Organik”, kepada masyarakat Desa Sidayu, yaitu perangkat desa dan para petani, dengan tujuan memberikan edukasi mengenai pengendalian hama wereng dan alternatif yang dapat dilakukan dengan membuat pestisida organik yang aman bagi tanaman dan lingkungan.

Dalam program yang diselenggarakan dengan penuh semangat ini, Sheintya membawakan materi pemaparan tentang pengendalian hama terpadu (PHT) wereng, yang merupakan salah satu hama yang menjadi tantangan utama dalam pertanian di desa tersebut. Pemaparan materi dilakukan dengan memberikan wawasan tentang penyebab dan dampak dari hama wereng bagi tanaman, penjelasan mengenai apa itu Pengendalian Hama Terpadu (PHT), serta pengendalian hama wereng dengan konsep PHT kepada masyarakat yang hadir.

Setelah penyuluhan singkat, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan praktis dalam pembuatan pestisida organik dari ekstrak bawang putih, yang merupakan alternatif yang ramah lingkungan untuk mengurangi hama wereng pada tanaman. Dengan pemakaian pestisida organik, keberadaan ‘musuh alami’ atau predator hama dapat bertahan. Keberadaan musuh alami disini juga merupakan salah satu konsep PHT, sehingga secara tidak langsung pembuatan pestisida organik ini merupakan alternatif pengendalian hama yang sesuai dengan konsep dan prinsip PHT.

Kegiatan dilaksanakan dalam suasana yang interaktif. Pertukaran gagasan dan pengetahuan serta sesi tanya jawab menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai teknik pengendalian hama dan pembuatan pestisida organik.

Acara dimeriahkan dengan pembagian pestisida organik kepada masyarakat melalui sesi doorprize. Pestisida organik yang dibagikan sebanyak 7 botol dengan ukuran 250 ml yang telah dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum pelaksanaan kegiatan.

Pelaksanaan program kerja monodisiplin ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama petani yang hadir tentang konsep pengendalian hama terpadu dan pembuatan pestisida organik untuk tanaman pertanian. Program yang diselenggarakan ini mewakili upaya nyata dalam mendukung pertanian berkelanjutan dan lingkungan hidup yang sehat.

 

Penulis : Sheintya Julian Ginting / Program Studi Agribisnis - Fakultas Peternakan dan Pertanian

Dosen KKN :

  1. Dr. Adi Nugroho, M.Si.
  2. Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.
  3. Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc.

Lokasi KKN : Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

 

#KKNUNDIPTIM2

#P2KKN

#P2KKNUNDIP

#LPPMUNDIP