Mahasiswa Undip Dongkrak UMKM Lokal “Sofi Jajan” Lewat Teknologi: Whatsapp Business dan Google Business

  • Aug 12, 2023
  • Desa Sidayu

Batang (12/8) – Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tahun 2022/2023 jurusan Administrasi Bisnis mengambil langkah progresif untuk merangkul UMKM lokal Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang yang berfokus pada peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah era digital. Mahasiswa tersebut berhasil membantu mengembangkan UMKM Snack “Sofi Jajan” dengan mengenalkannya ke platform Whatsapp Bisnis dan Google Bisnis melalui program yang diberi nama "Sosialisasi dan Membantu UMKM Snack “Sofi Jajan” dalam Pembuatan Whatsapp Bisnis dan Google Bisnis"

Dalam era yang semakin terhubung secara digital, peluang bagi UMKM untuk tumbuh dan bersaing di pasar global semakin terbuka. Namun, banyak UMKM yang belum mampu memanfaatkan platform digital untuk ekspansi bisnis mereka. Melihat potensi ini, mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis mengambil peran aktif dengan berkolaborasi bersama “Sofi Jajan” UMKM lokal yang bergerak di bidang makanan ringan. Pada Sabtu, 22 Juli 2023 lalu, program ini telah berlangsung di Rumah Produksi UMKM Snack “Sofi Jajan”.

Pelaku usaha UMKM “Sofi Jajan” sangat antusias untuk belajar dan mengembangkan bisnisnya dengan mengoptimalkan media sosial untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Dalam pelaksanaan program pengenalan digitalisasi ini menghadirkan tantangan baru bagi pelaku usaha dan masyarakat setempat, yaitu menumbuhkan perilaku yang mampu beradaptasi di era digital dan beralih dari kebiasaan berbelanja secara konvensional. Sehingga pelaku UMKM Snack "Sofi Jajan" tidak bisa segera mengadopsi Google Bisnis pada usahanya. Namun, UMKM “Sofi Jajan” berkomitmen belajar dan menerapkan Google Bisnis di masa depan berdasarkan panduan yang telah disosialisasikan.

Melalui pelaksanaan program ini, mahasiswa menunjukkan bahwa pengetahuan mengenai platform bisnis online dan pemasaran digital tak hanya relevan bagi perusahaan besar, tetapi juga memiliki potensi besar sebagai sarana yang kuat bagi UMKM untuk maju dan memperluas usaha mereka. Hal ini semakin menggarisbawahi pentingnya pendekatan berkelanjutan untuk pemberdayaan UMKM di era digital. Tak hanya itu, pentingnya literasi digital bagi sasaran penjualan juga sangat dibutuhkan mengingat perlunya pemahaman yang setara antara pelaku usaha dan pasar usaha demi kelancaran usaha serta merubah perilaku dan gaya hidup terkait kebiasaan belanja secara konvensional oleh masyarakat di suatu wilayah yang tidak mudah.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, langkah progresif seperti yang diambil oleh mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis ini membuktikan bahwa kolaborasi antara pendidikan dan sektor bisnis lokal dapat membuka pintu menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Program "Sosialisasi dan Bantuan Penggunaan Platform Bisnis Online" bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang memberdayakan UMKM untuk meraih sukses dalam era digital yang penuh peluang.

Penulis : Farezy Al Anzahri (Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)

Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.; Dr. Adi Nugroho., M.Si; Clara Yully Diana Ekaristi, S.E.,M.Acc.

Lokasi KKN : Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

#KKNUNDIPTIM2 #P2KKN #P2KKNUNDIP #LPPMUNDIP