GERAKAN PEDULI PENDIDIKAN! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP 2022/2023 MEMBERIKAN EDUKASI MENGENAI PENTINGNYA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

  • Aug 12, 2023
  • Desa Sidayu
  • BERITA

Desa Sidayu, Kec. Bandar, Batang (21/7/2023) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023 memberikan edukasi secara langsung dengan bertamu ke SMK NU Bandar dengan tujuan mengenalkan betapa pentingnya pendidikan terutama untuk para pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Pendidikan adalah pondasi yang mendasari perkembangan individu dan masyarakat. Perguruan tinggi merupakan tahapan lanjutan dalam pendidikan yang memiliki peran krusial dalam membentuk masa depan seseorang. Kuliah merupakan impian bagi hampir seluruh pelajar yang telah lulus dari sekolah menengah. Bukan hanya pelajar SMA, beberapa dari mereka yang menempuh pendidikan di SMK juga memiliki keinginan untuk berkuliah. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukan hanya sekadar pilihan, tetapi merupakan investasi jangka panjang yang memiliki dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan.

Dilansir dari databoks.katadata.co.id menurut data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), penduduk Indonesia berjumlah 275,36 juta jiwa pada Juni 2022. Dari jumlah tersebut hanya 6,41% yang sudah mengenyam pendidikan sampai perguruan tinggi. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa minat dari generasi muda di Indonesia untuk melanjutkan kuliah masih rendah. Oleh karena itu Pentingnya Pendidikan Tingkat Lanjut Bagi Pelajar perlu digencarkan untuk membuat masyarakat semakin mengerti mengenai pentingnya Pendidikan Tingkat lanjut.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 21 Juli 2023 di SMK NU Bandar. Dalam kegiatan yang dilaksanakan, mahasiswa menyampaikan materi terkait pendidikan tingkat lanjut yang berisi gambaran mengenai kehidupan perkuliahan, pengenalan setiap jurusan, jalur masuk perkuliahan, dan beasiswa yang bisa diraih untuk mendukung biaya pendidikan. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan antusiasme para peserta yang cukup baik, sehingga dapat terbentuk forum diskusi yang menarik dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat bagus.

Melalui program penyuluhan pentingnya pendidikan tingkat lanjut ini, diharapkan para pelajar di SMK NU Bandar termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan teredukasi mengenai berbagai cara untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi terutama semakin terbuka mengenai informasi keuangan dengan beasiswa.

Penulis : KKN TIM II UNDIP DESA SIDAYU

Dosen KKN : Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.; Dr. Adi Nugroho., M.Si; Clara Yully Diana Ekaristi, S.E.,M.Acc.

Lokasi KKN: Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

KKN TIM 2 2022/2023 Universitas Diponegoro