Cegah Gangguan Bicara pada Aanak Usia Dini, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2023 Mengadakan Penyuluhan Pengajaran Bahasa kepada Kader Posyandu Desa Sidayu

  • Aug 12, 2023
  • Desa Sidayu

 

Desa Sidayu, Kec. Bandar, Batang (3/8/2023) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023 telah melaksanakan penyuluhan mengenai Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa pada Anak Usia Dini kepada kader posyandu Desa Sidayu di Balai Desa Sidayu.

 

Keterlambatan dalam perkembangan bicara, yang juga dikenal sebagai speech delay, masih belum mendapatkan perhatian yang memadai di Indonesia. Terutama sejak dimulainya pandemi, kurangnya interaksi sosial bagi anak-anak dan peningkatan waktu yang dihabiskan di depan layar gawai telah menambah keresahan bagi para orang tua yang memiliki anak balita. Kelambatan perkembangan bicara adalah salah satu hambatan dalam mencapai tahapan penting dalam perkembangan anak (milestone). Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk terus mengawasi perkembangan kemampuan bicara anak mereka, guna mencegah terjadinya keterlambatan bicara.

 

Dilansir dari rspondokindah.co.id berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), terdapat 5-8 persen anak prasekolah yang mengalami keterlambatan berbicara. Bahkan, khusus di Jakarta, tercatat ada 21 persen anak yang mengalaminya. Keterlambatan bicara pada anak adalah gangguan berkomunikasi yang menyebabkan anak kesulitan berbicara. Hal ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor, mulai dari gangguan pada bagian mulut, masalah pendengaran, dan kurangnya stimulus yang memadai.

 

Selain itu, terdapat pula faktor lain yang mempengaruhi keterlambatan berbicara yakni faktor lingkungan sekitar anak. Di antaranya adalah stimulasi yang kurang memadai (anak jarang diajak bicara atau berinteraksi), screen time (paparan terhadap gawai atau televisi yang cukup lama membuat komunikasi satu arah tanpa adanya interaksi), serta adanya trauma.

 

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswi KKN Undip Tim 2 2023 mengadakan penyuluhan mengenai Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa untuk Anak Usia Dini kepada ibu-ibu kader posyandu Desa Sidayu pada Kamis, 3 Agustus 2023 yang bertempat di Balai Desa Sidayu. Dalam penyuluhan tersebut mahasiswi menyampaikan materi terkait pemerolehan bahasa pertama, tahapan perkembangan bahasa, hal-hal yang perlu diwaspadai akan keterlambatan bicara, penyebab gangguan berbicara, dan stimulus yang bisa diberikan pada anak. Kegiatan tersebut berdurasi selama kurang lebih empat puluh lima menit dan dihadiri tiga puluh satu orang peserta yang terdiri dari ibu mengandung, ibu menyusui, orangtua balita, dan ibu bidan Desa Sidayu.

 

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2023

Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang

Penulis: Syamila Nurulislam Fadlillah – FIB – Sastra Indonesia

DKKN:

Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si.

Dr. Adi Nugroho, M.Si.

Clara Yully Diana Ekaristi, S.E., M.Acc.