AYO GEMAR MAKAN IKAN! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP MENGAJAK SISWA SDN SIDAYU UNTUK GEMARIKAN (GEMAR MAKAN IKAN) SEJAK USIA DINI

  • Aug 12, 2023
  • Desa Sidayu

Desa Sidayu, Kec. Bandar, Batang (24/07/2023) -  Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2022/2023 memberikan Sosialisasi mengenai GEMARIKAN (Gemar Makan Ikan) di SDN Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.

GEMARIKAN merupakan program nasional oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Dikarenakan, banyak anak yang lebih memilih mengkonsumsi daging ayam dibanding daging ikan. Oleh karena itu, tingkat konsumsi ikan di negara Indonesia belum termasuk ke dalam tingkat konsumsi yang tinggi. Untuk itu dilaksanakan program sosialisasi GEMARIKAN oleh Nanda Marissa, salah satu mahasiswa S-1 Oseanografi, Universitas Diponegoro. Program ini merupakan salah satu bentuk dari unsur SDGs yaitu poin hidup sehat.

Gizi yang diperoleh dari ikan sangat beragam seperti fosfor, kalsium, vitamin D, protein, zat besi dan omega-3 yang bagus untuk pertumbuhan maupun perkembangan pada tubuh manusia terutama anak-anak, bahkan gizi yang terkandung pada ikan dapat membantu program yang sedang diprioritaskan oleh pemerintah yakni penanggulangan terjadinya stunting. Oleh sebab itu, ikan sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. 

Sosialisasi GEMARIKAN atau Gemar Makan Ikan diberikan kepada siswa kelas 5, SDN Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Sosialisasi dilakukan pada hari Senin, 24 Juli 2023. Selama edukasi berlangsung siswa/siswi sekolah dasar sangat antusias dan berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan. Materi edukasi yang diberikan memuat tentang kandungan gizi pada ikan, manfaat mengkonsumsi ikan dan jenis olahan makanan dari ikan. Mahasiswa melakukan sosialisasi dengan menggunakan media powerpoint, poster dan diadakan quiz untuk mengetahui pemahaman siswa/siswi setelah diberikan penjelasan. Poster ditempel di mading sekolah. Kegiatan dapat terlaksana, karena adanya kerjasama yang baik antara mahasiswa dengan pihak sekolah. Diharapkan dengan adanya program ini, dapat meningkatkan kesadaran dan minat anak untuk mengkonsumsi ikan dan anak dapat memahami kandungan gizi yang terdapat pada ikan.

Penulis : Nanda Marissa (Oseanografi - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)

Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Hermin Pancasakti K, S.Si., M.Si.; Dr. Adi Nugroho., M.Si; Clara Yully Diana Ekaristi, S.E.,M.Acc.

Lokasi KKN : Desa Sidayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

#KKNUNDIPTIM2 #P2KKN #P2KKNUNDIP #LPPMUNDIP